Meski pandemi Covid-19 mulai mereda dan anak-anak mulai diperbolehkan ke sekolah kembali walau terbatas, tetapi pengalaman belajar dari rumah menjadi ilmu berharga bagi orang tua. Kondisi pembelajaran jarak jauh yang terbatas menjadi pengalaman berharga bagi Anda untuk mencari tahu bagaimana kemampuan dan hasil belajar anak Anda tetap maksimal di tengah kondisi terbatas.

Cara yang efektif agar kemampuan dan hasil belajar anak tetap maksimal adalah menjadikan belajar menyenangkan bagi mereka. Mungkin Anda awalnya heran, bagaimana bisa belajar menyenangkan? Tetapi perkembangan zaman ikut mengubah cara pandang masyarakat, terutama generasi muda. Belajar tidak lagi harus menjadi sesuatu yang membosankan atau bahkan menakutkan. Jika belajar tidak menyenangkan, bagaimana mungkin anak mau belajar?

 

Ini dia tips dari Noura yang berguna bagi Anda untuk menjadikan proses belajar anak menyenangkan:

1.Tentukan Waktu Belajar yang Reguler

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menetapkan waktu belajar yang tetap setiap harinya. Waktu belajar yang dimaksud tidak hanya terbatas bagi anak yang belajar atau sekolah di rumah (homeschooling). Namun juga bagi anak yang bersekolah pada pagi hingga siang atau siang hingga sore. Bagi mereka yang bersekolah, proses belajar di rumah jadi kesempatan untuk mengulang kembali pelajaran yang mereka dapat di sekolah atau mengerjakan tugas dari guru.

Dengan demikian, anak juga terbiasa untuk belajar disiplin. Begitu waktu belajar mereka tiba, segala macam bentuk gangguan pun harus disingkirkan. Perhatikan juga kapan waktu yang efektif bagi anak untuk belajar. Bagi yang homeschooling, maka waktu belajar dapat dimulai setelah mandi dan sarapan. Sedangkan bagi mereka yang bersekolah, beri anak waktu istirahat 1-2 jam sepulang sekolah. Kemudian setelah anak fit kembali, biarkan mereka mandi dan makan atau sekadar makan camilan agar tubuh mereka kembali berenergi sebelum siap belajar.

2. Pancing Anak agar Menceritakan Ulang Pelajaran yang Mereka Dapat Sebelumnya

Biarkan anak Anda bercerita apa saja yang mereka pelajari sebelumnya. Bagi anak yang homeschooling, bisa menceritakan ulang materi pelajaran di hari sebelumnya. Sedangkan anak yang bersekolah dapat menceritakan aktivitas mereka di sekolah, termasuk tentunya materi pelajaran yang didapat.

Dengan bercerita ulang, maka langkah ini dapat meningkatkan kemampuan mengingat anak. Tetapi jangan paksa anak jika mereka kesulitan mengingat dan menceritakan pelajaran yang mereka dapat. Beri mereka pemahaman bahwa memperhatikan pemaparan materi yang guru sampaikan dan mencatatnya itu penting, tentunya dengan cara yang lembut. 

3. Buat Proses Belajar seperti Bermain 

Dengan membuat proses belajar anak seperti bermain dapat membuat mereka tidak mudah bosan. Apabila mereka semisal sedang dalam tahap mempelajari operasi aritmatika seperti pertambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, sediakan medium permainan seperti mobil berwarna atau boneka kesayangan. Jadikan benda-benda itu sebagai medium untuk membantu mereka memahami operasi aritmatika.

4. Beri Waktu Istirahat 

Waktu istirahat penting agar anak tidak mudah jenuh mengikuti proses belajar. Anda dapat menggunakan teknik pomodoro untuk mengatur waktu belajar dan jeda. Semisal, anak punya waktu belajar 2 jam. Pertama, bagilah waktunya menjadi 2 sesi, 1 sesi terdiri dari 1 jam.

Kemudian bagi kembali 1 sesi menjadi 25 menit belajar dan 5 menit istirahat singkat. Kemudian tentukan apa yang harus dipelajari anak pada sesi belajar. Selanjutnya gunakan timer yang dapat menghitung waktu berjalan dan mengingatkan Anda jika proses belajar anak selesai. Setelah sesi utama selesai, istirahat selama 15-30 menit untuk menyegarkan anak dan Anda sebelum berlanjut ke sesi kedua.

5. Manfaatkan Medium Pembelajaran Lain

Seperti yang sudah disinggung di atas, dengan menjadikan belajar seperti bermain dapat membuat anak tidak mudah bosan. Sehingga orang tua harus kreatif menyediakan medium pembelajaran yang menarik bagi anak.

Salah satu bentuk medium yang dapat menarik anak adalah paket buku dan permainan FUNtastic Learning with Nabil&Naura. Paket ini dapat memudahkan orang tua untuk membuat proses belajar menghitung dan membaca yang kreatif dan menyenangkan bagi anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.